Slide show

I want I can. Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.

Jurnal TUMBUHAN KIRINYU Chromolaena odorata (L) (ASTERACEAE: ASTERALES) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN ULAT GRAYAK Spodoptera litura

TUMBUHAN KIRINYU Chromolaena odorata (L) (ASTERACEAE: ASTERALES)
SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK MENGENDALIKAN
ULAT GRAYAK Spodoptera litura
Siam Weed Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) as a Botanical
Insecticide for Controling Armyworm
Spodoptera litura
M. Thamrin, S. Asikin, dan M. Willis
Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa
Jalan Kebun Karet Lok Tabat Utara, Kotak Pos 31, Banjarbaru 70712
Telp. (0511) 4772534, Faks (0511) 4773034,
E-mail: balittra@litbang.deptan.go.id., thamrin_balittra@yahoo.com
Diajukan: 28 Januari 2013; Disetujui: 24 Juli 2013


ABSTRAK
Kirinyu (Chromolaena odorata) adalah gulma berbentuk semak berkayu yang dapat berkembang cepat sehingga sulit dikendalikan. Tumbuhan ini merupakan gulma padang rumput yang sangat merugikan karena dapat mengurangi daya tampung padang penggembalaan. Selain sebagai pesaing agresif, kirinyu diduga memiliki efek allelopati serta menyebabkan keracunan bahkan kematian pada ternak. Hasil penelitian menunjukkan gulma ini dapat menjadi insektisida nabati karena mengandung pryrrolizidine alkaloids yang bersifat racun terhadap serangga. Makalah ini menguraikan potensi tumbuhan kirinyu sebagai insektisida nabati untuk mengendalikan ulat grayak. Ulat grayak adalah hama yang sulit dikendalikan karena perkembangbiakannya cepat serta mempunyai kisaran inang yang luas, yaitu hampir semua jenis tanaman pangan dan hortikultura. Hama ini biasanya dikendalikan dengan insektisida sintetis dengan dosis melebihi dari yang ditentukan sehingga menyebabkan resistensi dan resurgensi. Oleh karena itu, perlu dicari pengganti insektisida sintetis agar penggunaannya dapat dikurangi dengan menggunakan insektisida nabati. Ekstrak daun kirinyu efektif mengendalikan ulat grayak dengan mortalitas 80-100% serta menekan tingkat kerusakan daun kedelai hingga 55,2%. Racun yang terkandung di dalam ekstrak kirinyu bersifat racun perut. Oleh karena itu, gulma ini perlu dikembangkan pemanfaatannya sebagai bahan insektisida nabati agar bernilai ekonomis.
Kata kunci: Kirinyu, insektisida nabati, ulat grayak
ABSTRACT
Siam weed (Chromolaena odorata) is a woody shrub weed that can grow quickly so it is difficult to control. This plant is a pasture weed that can reduce the carrying capacity of the pastures. Beside as an aggressive weed, C. odorata allegedly had an allelopatic effect, caused poisoning and death on animals. The weed has been recognized as botanical insectiside as it contains pryrrolizidine alkaloids that is poisonous for insects. This paper described the potential of C. odorata as a botanical insecticide to control armyworms. Armyworm is a pest that is difficult to control due to the rapid breeding and has a wide host range, covering almost all


types of food crops and horticultural crops. This pest is commonly controlled using excessive pesticides that potentially caused resistance and resurgence on the pest. Therefore, it is necessary to find out a substitute for synthetic insecticides by using botanical insecticides. Siam weed leaf extract had been approved effectively causing mortality on armyworms up to 80-100% and reduced soybean leaf damage by 55.2%. Active ingredient of the plant extract is a stomach poison. Therefore, this weed can be utilized as the main ingredient of botanical insectisides and should be developed in manufacture for economic value.
Keywords: Siam weed, botanical insecticide, armyworm
PENDAHULUAN
P
estisida sampai saat ini masih merupakan cara yang dianggap paling ampuh untuk mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Petani masih mengandalkan penggunaan insektisida sintetis dalam pengendalian hama tanaman dengan alasan mudah didapat dan efektif, walaupun banyak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan (Kardinan 1998).
Dalam pengendalian hama terpadu, penggunaan pestisida hendaknya menjadi pilihan terakhir. Penggunaan pestisida yang kurang bijaksana dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, kematian serangga bukan sasaran, penyederhanaan rantai makanan alami dan keanekaragaman hayati (Norris et al. 2003 dalam Baliadi et al. 2012). Insektisida sintetis juga berdampak negatif terhadap kehidupan serangga, flora dan fauna, serta kesehatan manusia (Manuwoto 1999). Insektisida sintetis bersifat nonspesifik atau dapat membunuh organisme bukan sasaran, seperti musuh alami yang harus dipertahankan keberadaannya (Arinafril dan Muller 1999; Thamrin et al. 1999).
Dampak lain penggunaan insektisida sintetis adalah terjadinya resistensi hama terhadap insektisida. Jika populasi hama menjadi resisten terhadap insektisida, maka insektisida tidak lagi efisien untuk mengendalikan hama tersebut. Jika insektisida tersebut tetap digunakan,


Text Box: Potensi tumbuhan kirinyu Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) .... (M. Thamrin et al.) 113maka dosis atau frekuensi penggunaannya perlu ditingkatkan agar pengendalian berhasil. Peningkatan penggunaan insektisida akan menambah biaya pengendalian, meningkatkan mortalitas organisme bukan sasaran, dan menurunkan kualitas lingkungan (Laba et al. 1998). Penelitian menemukan adanya residu pestisida dalam gabah, beras, dan kedelai di berbagai daerah di Jawa dan pada sayuran di Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Pada umumnya residu pestisida tersebut masih di bawah batas maksimum residu (BMR), namun sebagian sudah di atas BMR (Soejitno 2002).
Karena insektisida sintetis merupakan komponen penting dalam pengendalian hama, perlu dicari alternatifnya dengan mengembangkan produk hayati yang pada umumnya merupakan senyawa kimia yang berspektrum sempit terhadap organisme sasaran (Sastrodihardjo et al.1992). Alternatif lainnya yaitu memanfaatkan senyawa beracun yang terdapat pada tumbuhan yang dikenal dengan insektisida nabati. Insektisida nabati secara umum diartikan sebagai pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tumbuhan yang bersifat racun bagi OPT, mempunyai metabolit sekunder yang mengandung berbagai senyawa bioaktif.
Hasil penelitian menunjukkan ekstrak bagian tanaman ada yang bersifat toksik terhadap hama (Balfas 1994; Mudjiono et al. 1994). Berbagai jenis tumbuhan juga diketahui mengandung senyawa bioaktif seperti alkaloid, terpenoid, steroid, asetogenin, fenil propan, dan tanin yang berfungsi sebagai insektisida dan repelen (Campbell dan Sullivan 1933; Burkill 1935). Sedikitnya ada 2.000 jenis tumbuhan dari berbagai famili yang menyebabkan pengaruh buruk terhadap OPT (Grainge dan Ahmed 1987; Prakash dan Rao 1997). Beberapa tanaman yang mengandung senyawa insektisida adalah biji mimba (mengandung azadirachtin), biji srikaya (annonain), biji bengkuang (pachyrhizin), dan daun pacar cina yang mengandung racun rokaglamida (Baliadi et al. 2008). Daun serai, bawang merah, daun cengkih, dan daun dringo juga dapat menekan pertumbuhan dan perkembangan serangga (Surtikanti 2004).
Prospek penggunaan pestisida nabati di Indonesia sangat baik karena beberapa hal yang mendukung pemanfaatannya, yaitu keanekaragaman hayati yang melimpah di Indonesia, kondisi sosial petani, kemudahan penggunaan khususnya untuk digunakan sendiri, serta perhatian dari semua kalangan, baik peneliti, pengajar, penyuluh, dan pihak lain yang terkait (Kardinan 1998). Hasil penelitian menunjukkan tumbuhan kirinyu memiliki potensi yang baik untuk mengendalikan ulat grayak (Thamrin et al. 2007).
Ulat grayak Spodoptera litura F. (Lepidoptera: Noctuidae) (Gambar 1) adalah hama serangga yang sulit dikendalikan karena perkembangbiakannya cepat serta mempunyai kisaran inang yang luas, yaitu hampir semua jenis tanaman pangan dan hortikultura. Menurut Marwoto dan Suharsono (2008), ulat grayak bersifat polifag atau dapat menyerang berbagai jenis tanaman,


Gambar 1. Ulat grayak.
yaitu kedelai, cabai, kubis, padi, jagung, tomat, tebu, buncis, jeruk, tembakau, bawang merah, terung, kentang, kacang tanah, kangkung, bayam, pisang, dan tanaman hias. Hama ini tersebar luas di daerah beriklim panas dan lembap dari subtropis sampai tropis.
Kehilangan hasil akibat serangan ulat grayak pada tanaman kedelai berumur 30 hari mencapai 28,8% dan pada umur 79 hari mencapai 60,2% (Arifin 1986). Di lahan rawa pasang surut, kerusakan kedelai yang disebabkan oleh ulat grayak berkisar antara 20-60%, bahkan di beberapa lokasi lain yang tidak dikendalikan dapat mencapai 80% (Willis et al. 2003). Marwoto dan Suharsono (2008) mengemukakan kehilangan hasil akibat serangan ulat grayak dapat mencapai 80%, bahkan puso jika tidak dikendalikan.
Tulisan ini menguraikan potensi tumbuhan kirinyu sebagai bahan utama insektisida nabati untuk mengendalikan ulat grayak karena diduga memiliki kandungan racun yang cukup tinggi.
EKSPLORASI TUMBUHAN PESTISIDA
DI DAERAH RAWA
Bahan alami yang mengandung senyawa bioaktif pada tanaman dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu 1) bahan alami yang mengandung senyawa antifitopotogenik (antibiotik pertanian), 2) bahan alami yang mengandung senyawa fitotoksik atau mengatur tumbuh tanaman (fitotoksin, hormon tanaman, dan sejenisnya), dan 3) bahan alami yang mengandung senyawa yang bersifat aktif terhadap serangga (hormon serangga, feromon, antifidan, repelen, atraktan, dan insektisida) (Takahashi 1981).
Eksplorasi terhadap beberapa jenis tumbuhan di daerah rawa di Kalimantan Selatan dan Tengah mem­peroleh 122 jenis tumbuhan yang diduga dapat berperan sebagai insektisida (Tabel 1) (Thamrin et al. 2007).


Text Box: 114 J. Litbang Pert. Vol. 32 No. 3 September 2013: 112-121Tabel 1. Tumbuhan rawa di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang berpotensi sebagai insektisida nabati.
Jenis tumbuhan                                    Bagian tumbuhan                             Fungsi/sifat
Akar kuning                                         Akar                                                Obat hepatitis
Andarasung                                          Daun                                                Penyubur rambut
Bagang                                                  Umbi                                               Berakibat gatal pada kulit
Bakung hias                                          Daun, umbi                                      Bau menyengat
Bakung rawa                                         Daun, umbi                                      Obat tidur
Balangkasua habang                             Daun                                                Bahan kosmetik (pembersih kulit)
Balangkasua putih                                Daun                                                Bahan kosmetik (pembersih kulit)
Bambu kuning                                      Rebung                                            Obat kanker
Bangkal                                                Daun                                                Bahan kosmetik (bedak)
Bangkinang                                           Daun, akar, buah                             Rasa sepat
Bawang nyaring                                    Daun                                                Obat perut
Bawang nyaring kuning                        Daun                                                Obat penyakit dalam
Binjai                                                    Kulit batang                                     Berakibat gatal pada kulit
Cambai                                                 Daun                                                Obat sakit perut
Cawat hanoman                                    Akar                                                Bahan jamu (kebugaran)
Ciplokan                                               Buah dan daun                                 Obat hipertensi
Dadangkak                                           Daun                                                Berakibat gatal pada kulit
Dadap                                                   Daun                                                Obat infeksi
Daun kancing                                       Daun                                                Obat sakit gigi
Gadung                                                 Umbi                                               Digunakan sebagai insektisida
Gagali                                                   Daun, umbi                                      Obat sakit perut
Gambir                                                 Kulit/daun                                        Pengusir nyamuk
Gelam                                                   Daun                                                Bau menyengat
Gulinggang                                           Daun                                                Obat kulit
Hambawang                                          Getah                                               Berakibat iritasi pada kulit
Hambin buah                                        Seluruh bagian                                 Obat ginjal
Jajangkit                                               Daun, batang                                    Obat kulit (gatal)
Jalatang nyiru                                       Daun                                                Berakibat gatal pada kulit
Jalatang tulang                                      Daun                                                Berakibat gatal pada kulit
Jalukap                                                 Daun                                                Obat kulit
Jambu hutan                                         Daun, akar                                       Obat ginjal
Jengkol                                                 Daun                                                Digunakan sebagai rodentisida
Jeruk bali                                              Kulit                                                Digunakan sebagai insektisida
Jingah                                                   Daun                                                Berakibat gatal pada kulit
Kacang parang                                      Biji                                                   Digunakan sebagai insektisida
Kacang parang habang                          Buah                                                Digunakan sebagai insektisida
Kecubung                                             Daun                                                Obat penyakit dalam
Kakamalan                                           Daun                                                Bau menyengat
Kakantutan                                           Daun                                                Obat sakit perut
Kalabuau                                              Daun                                                Berakibat iritasi kulit
Kalalayu                                               Daun                                                Tidak terserang hama
Kalampan                                             Buah                                                Tidak terserang hama
Kalangkala                                            Daun, biji                                         Obat kulit
Kambang tatawa                                   Bonggol                                           Obat kanker payudara
Kambat                                                 Daun                                                Bau menyengat
Kapuk                                                  Batang                                              Digunakan sebagai rodentisida
Karamunting jawa                                 Daun                                                Obat kulit
Karatau                                                 Daun                                                Obat disentri
Kasumbawati                                        Daun                                                Obat hipertensi
Kayu halaban                                       Akar                                                Obat ginjal
Kayu ilatung                                         Daun                                                Bau menyengat
Kayu mahar                                          Daun                                                Tidak terserang hama
Kayu rahwana                                      Seluruh bagian                                 Bahan jamu (kebugaran)
Kayu rawali                                          Kulit batang                                     Bau wangi
Kayu sapat                                           Daun                                                Obat sakit perut
Kedondong                                           Daun                                                Tidak diserang hama
Keladi rawa                                          Daun, umbi                                      Berakibat gatal pada kulit
Kembang pukul 4                                 Daun                                                Digunakan sebagai insektisida
Kemuning                                             Daun, bunga                                    Bau wangi
Kepayang                                             Seluruh tanaman                              Digunakan sebagai insektisida
Kirinyu                                                 Daun                                                Obat luka


Potensi tumbuhan kirinyu Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) .... (M. Thamrin et al.)                                                       115
Tabel 1. Lanjutan..........
Jenis tumbuhan                                   Bagian tumbuhan                               Fungsi/sifat
Kujajing biji                                        Daun, buah                                        Obat kanker
Kujajing laki                                        Daun, buah                                        Obat kanker
Kumandrah                                         Daun/buah                                         Obat sakit perut
Kuranji                                                Daun, akar, buah                               Rasa sangat kecut
Kuringkit                                             Daun                                                 Bahan kosmetik (bedak)
Lada                                                    Daun                                                 Bahan rempah
Lakum                                                Daun                                                 Obat kulit (gatal)
Langgundi                                           Daun                                                 Pengusir nyamuk
Lengkuas                                            Rimpang                                            Bahan jamu
Lua                                                     Daun                                                 Tidak terserang hama
Lukut                                                  Daun                                                 Tidak terserang hama
Mamali habang                                    Daun                                                 Obat penenang
Mamali putih                                       Daun                                                 Obat penenang
Manggis                                              Kulit buah                                         Obat hipertensi
Maritam                                              Kulit                                                  Digunakan sebagai rodentisida
Mata-mata                                           Buah                                                  Kebugaran wanita
Maya                                                   Seluruh tanaman                                Berakibat gatal pada kulit
Mengkudu                                           Daun                                                 Obat hipertensi
Mundar                                               Daun, kulit batang                             Berakibat iritasi pada kulit
Panggang                                             Daun                                                 Tidak diserang hama
Papulut                                                Daun                                                 Obat batuk
Patah kajang                                        Daun                                                 Obat nyamuk
Pati ulat                                               Daun                                                 Pengawet ikan
Pepaya hutan                                       Daun                                                 Digunakan sebagai insektisida
Perupuk                                              Daun                                                 Atraktan penggerek batang padi
Pilantus                                               Daun                                                 Bau menyengat
Pinang habang                                     Akar                                                  Obat ginjal
Pinang sindawar                                  Akar                                                  Obat ginjal
Pohon mercon                                     Daun, bunga                                      Pengusir nyamuk
Purun tikus                                         Seluruh bagian                                   Atraktan bagi penggerek batang
Putat                                                    Daun                                                 Obat kulit (gatal)
Raja binalu                                          Seluruh bagian                                   Obat hipertensi
Rengas                                                Daun                                                 Berakibat gatal pada kulit
Risi                                                     Daun, bunga                                      Rasa gatal pada kulit
Rumbia habang                                   Daun                                                 Obat sakit perut
Sambung nyawa                                  Daun                                                 Obat penyakit dalam
Sangkuang                                           Semua bagian                                    Rasa sangat asam
Sapang                                                Kulit batang                                       Obat hipertensi
Sapang                                                Kulit dan daun                                   Obat hipertensi
Sarigading                                           Daun                                                 Bahan jamu (kebugaran)
Sawangkak                                          Daun                                                 Obat kanker
Simakau                                              Daun                                                 Bahan kosmetik (bedak)
Simpur                                                Daun                                                 Obat mata
Sintuk                                                 Daun                                                 Kebugaran tubuh
Sirsak                                                  Daun                                                 Digunakan sebagai insektisida
Sisik naga                                            Daun                                                 Obat sakit gigi
Suli bulan                                            Daun                                                 Obat penyakit dalam
Sulitulang                                            Seluruh bagian                                   Obat sakit perut
Sulur daging                                        Daun                                                 Obat luka
Sungkai                                               Daun                                                 Bahan fermentasi
Tabat barito                                         Daun                                                 Bahan jamu (kebugaran)
Tampurikak                                        Buah                                                  Penyubur rambut
Tatasbihan habang                              Daun                                                 Bau menyengat
Tatintahan                                           Akar                                                  Obat ginjal
Tatunjuk langit                                    Daun                                                 Obat hipertensi
Tawar                                                  Daun                                                 Pengusir wereng hijau
Tembelekan                                        Daun                                                 Obat ginjal
Timbaran                                            Kulit                                                  Bahan pewarna
Timbarau                                            Daun                                                 Obat kejang-kejang
Tuba                                                   Akar                                                  Digunakan sebagai insektisida
Usar                                                    Akar dan daun                                   Bahan pewangi
Sumber: Thamrin et al. (2007).


Text Box: 116 J. Litbang Pert. Vol. 32 No. 3 September 2013: 112-121Tumbuhan tersebut terdiri atas gulma golongan rumput, teki, dan gulma berdaun lebar serta tanaman tahunan. Sebagian tumbuhan tersebut belum diketahui nama umumnya (bahasa Indonesia), sehingga masih menggunakan nama daerah setempat, terutama dari suku Banjar dan Dayak. Tumbuhan ini pada umumnya berkhasiat sebagai obat, namun ada pula yang mengandung racun terutama terhadap kulit, dan sebagian lagi mempunyai bau yang menyengat dan digunakan oleh masyarakat untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.
Tumbuhan hasil eksplorasi tersebut, 17 jenis telah diteliti daya racunnya terhadap hama ulat jengkal, ulat buah, ulat plutela, dan ulat grayak di Laboratorium Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan kirinyu memiliki daya racun yang tinggi terhadap beberapa jenis hama terutama ulat grayak, sehingga penelitian difokuskan terhadap tumbuhan tersebut.
HABITAT DAN PENYEBARAN
KIRINYU
Kirinyu (Chromolaena odorata L. Asteraceae: Asterales), dalam bahasa Inggris disebut siam weed, merupakan gulma padang rumput yang penyebarannya sangat luas di Indonesia. Gulma ini diperkirakan sudah tersebar di Indonesia sejak tahun 1910-an (Sipayung et al. 1991), tidak hanya di lahan kering atau pegunungan, tetapi juga di lahan rawa dan lahan basah lainnya (Thamrin et al. 2007) (Gambar 2).
Kirinyu berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, kemudian menyebar ke daerah tropis Asia, Afrika, dan Pasifik, dan digolongkan sebagai gulma invasif. Gulma ini berupa semak berkayu yang dapat berkembang dengan cepat dan membentuk kelompok yang dapat mencegah perkembangan tumbuhan lainnya sehingga sangat merugikan karena dapat mengurangi daya tampung padang penggembalaan. Gulma ini merupakan pesaing agresif dan diduga memiliki efek alelopati, menyebabkan keracunan bahkan kematian pada ternak, serta dapat menimbulkan bahaya kebakaran (Prawiradiputra 2007).
MORFOLOGI TUMBUHAN KIRINYU
Tumbuhan kirinyu memiliki bentuk daun oval dan bagian bawahnya lebih lebar, makin ke ujung makin runcing. Panjang daun 6–10 cm dan lebarnya 3–6 cm. Tepi daun bergerigi, menghadap ke pangkal, letaknya berhadapan (Gambar 2). Karangan bunga terletak di ujung cabang (terminal), dan setiap karangan terdiri atas 20–35 bunga. Warna bunga pada saat muda kebiruan, semakin tua menjadi cokelat. Waktu berbunga serentak pada musim kemarau selama 3–4 minggu. Pada saat biji masak, tumbuhan akan mengering kemudian bijinya pecah dan


Gambar 2. Tumbuhan dan bunga kirinyu.
terbang terbawa angin. Kurang lebih satu bulan setelah awal musim hujan, potongan batang, cabang, dan pangkal batang akan bertunas kembali. Biji-biji yang jatuh ke tanah juga mulai berkecambah sehingga dalam waktu dua bulan berikutnya, kecambah dan tunas-tunas telah terlihat mendominasi suatu area (Prawiradiputra1985).
Perkembangan kirinyu sangat cepat dan membentuk komunitas yang rapat sehingga dapat menghalangi perkembangan tumbuhan lain (FAO 2006). Pada komunitas yang rapat, kepadatan tanaman bisa mencapai 36 tanaman dewasa/m2 ditambah dengan sekitar 1.300 kecambah, padahal setiap tanaman dewasa masih berpotensi untuk menghasilkan tunas (Yadav dan Tripathi 1981). Kemampuannya mendominasi area dengan cepat disebabkan oleh produksi bijinya yang sangat banyak. Setiap tumbuhan dewasa mampu memproduksi sekitar 80.000 biji setiap musim (Department of Natural Resources, Mines dan Water 2006).
Kirinyu dapat tumbuh pada ketinggian 1.000-2.800 m dpl, sedangkan di Indonesia banyak ditemukan di dataran rendah (0-500 m dpl) seperti di perkebunan karet dan kelapa serta di padang penggembalaan (FAO 2006). Tinggi tumbuhan dewasa dapat mencapai lebih dari 5 m (Departmen of Natural Resources, Mines dan Water 2006). Batang muda agak lunak dan berwarna hijau, kemudian berangsur-angsur menjadi cokelat dan keras (berkayu) apabila sudah tua. Letak cabang biasanya berhadap­hadapan dan jumlahnya sangat banyak. Cabangnya yang rapat menyebabkan cahaya matahati yang masuk ke bagian bawah berkurang, sehingga menghambat


Text Box: Potensi tumbuhan kirinyu Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) .... (M. Thamrin et al.) 117pertumbuhan spesies lain, termasuk rumput yang tumbuh di bawahnya.

Tabel 2. Efikasi beberapa jenis ekstrak tumbuhan terhadap mortalitas ulat buah paria (Diaphania indica).




HASIL PENGUJIAN EFIKASI
Perlakuan
Mortalitas
(%)



Pengujian efikasi insektisida nabati dari beberapa jenis tumbuhan rawa dimulai sejak tahun 2003 dengan hasil yang beragam. Beberapa jenis tumbuhan yang semula diduga dapat mengendalikan hama ternyata kurang mampu menunjukkan perannya. Namun, kirinyu yang digunakan sebagai pakan ulat grayak, dapat menye­babkan semua larva ulat tersebut mati.
Pada tahun 2004 dan 2005 dilakukan percobaan efikasi delapan jenis tumbuhan terhadap ulat jengkal dengan pembanding insektisida sintetis (lamda sihalotrin) dan kontrol. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kirinyu, gelam, kalalayu, cambai, dan sungkai efektif terhadap ulat jengkal dengan mortalitas 80-85% (Tabel 1). Di antara tumbuhan tersebut, gelam adalah yang paling efektif terhadap ulat jengkal. Menurut Kardinan (1998), ekstrak daun gelam mengandung racun saponin, yang secara visual ditandai dengan munculnya busa bila dikocok. Umbi tanaman gadung, selain sebagai pil kontrasepsi, juga sering digunakan sebagai bahan pencuci rambut
Tabel 1. Efikasi beberapa jenis ekstrak tumbuhan terhadap mortalitas ulat jengkal (Plusia cal­cites).
Mortalitas
Perlakuan                                                                  (%)
Kirinyu (Chromolaena odorata)                                80
Gelam (Melaleuca cajuputi)                                       85
Kalalayu (Erigioseum rubiginosum)                           80
Jingah (Glutha rengas)                                               70
Lukut (Patycerium bifurcatum)                                  70
Cambai (Piper sarmentosum)                                      80
Jengkol (Phitecellobium lobatum)                              70
Sungkai (Peronema canescen)                                    80
Pembanding (lamda sihalotrin)                                 100
Kontrol (tanpa dikendalikan)                                     10
Sumber: Asikin dan Thamrin (2006).


Kirinyu (C. odorata)                                                  80
Gelam (M. cajuputi)                                                   65
Kalalayu (E. rubiginosum)                                         75
Kepayang (Pangium edule)                                        80
Maya (Amorphophallus campanulatus)                      65
Pembanding (deltametrin)                                        100
Kontrol (tanpa dikendalikan)                                     10
Sumber: Thamrin et al. (2007).
(sampo) untuk mematikan kutu kepala karena tingginya kandungan saponin yang bersifat toksik.
Pada tahun 2006, lima jenis tumbuhan diuji lagi efektivitasnya sebagai insektisida nabati terhadap ulat buah paria. Ternyata gelam kurang efektif terhadap ulat buah paria, tetapi kirinyu dan kepayang lebih efektif dengan mortalitas ulat 80% (Tabel 2). Pada percobaan terhadap ulat grayak, ekstrak kirinyu mampu menyebab­kan mortalitas ulat grayak hingga 100% pada 72 jam setelah aplikasi (Tabel 3). Menurut Biller et al. (1994), kirinyu mengandung pryrrolizidine alkaloids yang bersifat racun. Kandungan senyawa ini menyebabkan tanaman berbau menusuk dan berasa pahit, sehingga bersifat repellent dan juga mengandung alelopati.
Pada tahun 2007 dilakukan uji efikasi tiga jenis tumbuhan sebagai insektisida nabati terhadap ulat plutela. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kirinyu dan kepayang menyebabkan mortalitas larva plutela masing­masing 80% (Tabel 4). Menurut Rumphius (1992) dalam Wardhana (1997), seluruh bagian tanaman kepayang mengandung asam sianida yang sangat beracun dan dapat digunakan sebagai bahan pencegah busuk dan senyawa pembunuh serangga. Selain itu, sifat astiri dari racunnya tidak mengeluarkan bau dan rasa sehingga produk tanaman yang diperlakukan dengan bahan insektisida nabati tersebut tetap disukai konsumen.


Tabel 3. Efikasi perlakuan ekstrak tumbuhan sebagai insektisida nabati terhadap ulat grayak.
Mortalitas (%)
Perlakuan
24 jam               48 jam             72 jam             96 jam               120 jam
 

Kirinyu (C. odorata)
73,3
98,3
100,0
100,0
100,0
Gelam (M. cajuputi)
25,0
38,3
45,0
60,0
75,0
Lukut (P. bifurcatum)
15,0
23,3
36,7
50,0
70,0
Jingah (G. rengas)
5,0
25,0
30,0
58,3
70,0
Pembanding (lamda sihalotrin)
70,0
96,7
100,0
100,0
100,0
Kontrol (tanpa insektisida)
0,0
0,0
0,0
5,0
10,0
Sumber: Thamrin et al. (2007).







118

J. Litbang Pert. Vol. 32 No. 3 September 2013: 112-121
Tabel 4.     Efikasi beberapa jenis ekstrak tumbuhan
Tabel 5.            Efikasi beberapa jenis ekstrak tumbuhan
terhadap mortalitas ulat plutela.
terhadap mortalitas ulat grayak.

Mortalitas

Mortalitas
Perlakuan

Perlakuan


(%)

(%)
Kirinyu (C. odorata)
80
Kirinyu (C. odorata)
85
Kalalayu (E. rubiginosum)
70
Maya (A. campanulatus)
75
Kepayang (P. edule)
80
Cambai (P. sarmentosum)
75
Pembanding (deltametrin)
100
Sungkai (P. canescen)
90
Kontrol (tanpa dikendalikan)
0
Pembanding (lamda sihalotrin)
100


Kontrol (tanpa dikendalikan)
10


Sumber: Thamrin dan Asikin (2009).





Sumber: Asikin dan Thamrin (2010).




Hasil uji efikasi insektisida nabati dari empat jenis tumbuhan terhadap ulat grayak menunjukkan, ekstrak kirinyu dan daun sungkai efektif terhadap ulat grayak dengan mortalitas masing-masing 85% dan 90% (Tabel 5). Namun hasil pengujian Samharinto dan Pramudi (2009) menunjukkan, ekstrak daun sungkai hanya mampu menyebabkan mortalitas larva ulat grayak 31,6%. Karena hasil yang berbeda ini, maka tumbuhan ini perlu diteliti lebih lanjut. Menurut Dadang dan Prijono (2008), kandungan bahan aktif tumbuhan yang sama sering beragam, bergantung pada keadaan geografis daerah asal tumbuhan dan waktu pemanenan bagian tumbuhan yang mengandung bahan insektisida. Cara penanganan dan ekstraksi juga memengaruhi keefektifan ekstrak yang diperoleh.
Penelitian di rumah kasa terhadap kerusakan tanaman kedelai menunjukkan bahwa ekstrak kirinyu efektif untuk mengendalikan ulat grayak, karena kerusakan tanaman kedelai yang diberi ekstrak kirinyu hanya 8,3%, sedangkan tanpa pengendalian kerusakannya mencapai 63,5%. Dengan demikian, penggunaan ekstrak kirinyu mampu menekan tingkat kerusakan kedelai yang


disebabkan ulat grayak sebesar 55,2%. Pada minggu ke-1 dan ke-2 setelah infestasi, kerusakan daun kedelai cenderung meningkat pada semua perlakuan, sehingga dilakukan penyemprotan kembali sesuai perlakukan, dan satu minggu kemudian, intensitas kerusakan daun menurun sampai minggu keempat, kecuali pada perlakuan kontrol (Gambar 3). Hal ini disebabkan mortalitas larva yang tinggi, terutama pada saat pengamatan keempat, mortalitas larva berkisar antara 90-100% (Gambar 4).
Hasil percobaan efikasi ekstrak kirinyu, tembelekan (Lantana camara), pilantus (Phyllanthus urinaria), jambu hutan (Eugenia sp.), dan insektisida sintetis (lamda sihalotrin) terhadap ulat grayak di laboratorium menunjukkan ekstrak kirinyu paling efektif terhadap larva ulat grayak dengan mortalitas 85%, namun belum mencapai 100% seperti insektisida sintetis (Gambar 5) (Asikin dan Thamrin 2010). Pada hari pertama, larva ulat grayak belum memperlihatkan gejala keracunan. Gejala keracunan terlihat setelah larva tersebut memakan daun sawi yang disemprot dengan insektisida nabati; gerakannya menjadi lambat dan aktivitas makannya berkurang, kemudian warnanya berubah menjadi


Text Box:  Tingkat kerusakan daun (%)
7 0
Text Box: 6 0 5 0 4 0 3 0 2 0 1 0
0
Text Box:  Text Box:  Kirinyu
Kirinyu+deltametrin Deltametrin
Tanpa dikendalikan


1                                   2                                   3                                 4
Waktu pengamatan (minggu setelah infestasi larva)
Gambar 3. Pengaruh pemberian ekstrak daun kirinyu terhadap intensitas kerusakan daun kedelai yang disebabkan oleh ulat grayak (Thamrin 2009).


Text Box: Potensi tumbuhan kirinyu Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) .... (M. Thamrin et al.) 119Text Box: 10
0
Text Box:  Mortalitas larva (%)
Text Box: 100
90 
 
80  
70  
60  
50  
40  
30  
20  

Text Box:  Text Box:  Kirinyu
Kirinyu+deltametrin Deltametrin
Tanpa dikendalikan


1                                      2                                    3                                   4
Waktu pengamatan (minggu setelah infestasi larva)
Gambar 4. Mortalitas larva ulat grayak yang dikendalikan dengan ekstrak kirinyu deltametrin pada tanaman kedelai (Thamrin 2009).


kehitaman. Sampai hari ketiga sebagian besar larva mati. Hal ini mengindikasikan bahwa kandungan racun pada tumbuhan kirinyu dan perlakuan lainnya bersifat racun perut terhadap ulat grayak.
Hasil percobaan berikutnya yang juga dilakukan di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak kirinyu paling
Mortalitas larva (%)
Text Box: 80 60 40 20 0Text Box:  Text Box:  Text Box:  Text Box: -Sihalotrin Tanpa
insektisida
100
Kirinyu Tembelekan Pilantus Jambu
hutan


efektif terhadap larva ulat grayak dengan mortalitas 90% untuk instar 2-3, dan 70% untuk instar 3-4, sedangkan untuk perlakuan lainnya mortalitas larva berkisar 0-60%, kecuali perlakuan lamda sihalotrin dengan mortalitas 100% (Tabel 6). Dalam percobaan ini hanya kirinyu yang efektif terhadap larva ulat grayak, sedangkan tiga perlakuan lainnya memiliki daya racun yang rendah.
Hasil percobaan tiga ekstrak tumbuhan kirinyu, cambai, dan sungkai terhadap ulat grayak menunjukkan, hanya ekstrak kirinyu paling efektif terhadap larva ulat grayak dengan mortalitas 85% (Gambar 6). Pada penggunaan insektisida BPMC, mortalitas larva terjadi sejak hari pertama, dan pada hari kedua mortalitasnya mencapai 100%. Pada perlakuan insektisida nabati, mortalitas larva terlihat setelah hari kedua dan ketiga, namun setelah hari keempat tidak terlihat larva yang mati, bahkan larva-larva tersebut berhasil menjadi serangga dewasa (Asikin dan Thamrin 2010).


Gambar 5. Efikasi beberapa ekstrak tumbuhan terhadap mortalitas larva ulat grayak (Asikin dan Thamrin 2010).
Tabel 6. Efikasi perlakuan ekstrak tumbuhan sebagai insektisida nabati terhadap larva ulat grayak.
Perlakuan
Bagian tumbuhan
Mortalitas larva (%)
Instar 2-3
Instar 3-4
Sisik naga (Drymoglossum piloselloides) Kirinyu (C. odorata)
Manggis (Garcinia mangostana) Kalangkala (Litsea sebifera) Pembanding (lamda sihalotrin) Kontrol (tanpa insektisida)
Daun Daun
Kulit buah Biji
-
-
60 90 10 20 100 10
40 70 10 0 100 0
Sumber: Asikin dan Thamrin (2010).





Text Box: 120 J. Litbang Pert. Vol. 32 No. 3 September 2013: 112-121Mortalitas larva (%)
Text Box:  100
80
60
40
20
Text Box: Tanpa 
insektisida
0
Kirinyu           Cambai            Sungkai              BPMC
Gambar 6. Efikasi beberapa ekstrak tumbuhan terhadap mortalitas larva ulat grayak (Asikin dan Thamrin 2010)
KESIMPULAN
Kirinyu adalah gulma semak berkayu yang dapat berkembang dengan cepat sehingga sulit dikendalikan. Tumbuhan ini merupakan gulma padang rumput yang sangat merugikan karena dapat mengurangi kapasitas tampung padang penggembalaan. Penyebarannya sangat luas, termasuk di lahan rawa. Tumbuhan ini diduga memiliki efek alelopati dan menyebabkan keracunan pada manusia dan ternak, serta dapat menimbulkan kebakaran.
Ekstrak daun kirinyu efektif mengendalikan ulat grayak dengan mortalitas 80-100%, serta menekan tingkat kerusakan kedelai hingga 55,2%. Pryrrolizidine alkaloids yang terkandung dalam tumbuhan kirinyu memiliki sifat racun. Selain kirinyu, sungkai, gelam, cambai, kepayang, dan kalalayu juga berpotensi sebagai bahan utama insektisida nabati.
Prospek penggunaan pestisida nabati di Indonesia sangat baik dan dapat menjadi pilihan dalam pengendalian hama karena adanya faktor pendukung seperti kekayaan keanekaragaman hayati, kondisi sosial petani, kemudahan penggunaan, serta perhatian dari semua kalangan, baik peneliti, pengajar, penyuluh, maupun pihak lain yang terkait.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, M. 1986. Kerusakan dan hasil kedelai Orba pada berbagai umur tanaman dan populasi ulat grayak (Spodoptera litura). Seminar Balai Penelitian Tanaman Pangan Bogor.
Arinafril dan P. Muller. 1999. Aktivitas biokimia ekstrak mimba terhadap perkembangan Plutella xylostella. hlm. 381-386. Prosiding Seminar Nasional: Peranan Entomologi dalam Pengendalian Hama yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis. Perhimpunan Entomologi Indonesia.
Asikin, S. dan M. Thamrin. 2006. Pengendalian hama serangga sayuran ramah lingkungan di lahan rawa pasang surut. hlm. 73- 86. Dalam M. Noor, I. Noor, dan S.S. Antarlina (Ed). Sayuran di Lahan Rawa: Teknologi Budi Daya dan Peluang Agribisnis. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Bogor.


Asikin, S. dan M. Thamrin. 2010. Pengendalian ulat grayak (Spodoptera litura) dengan menggunakan ekstrak bahan tumbuhan liar rawa. hlm. 178-192. Seminar Nasional Perlindungan Tanaman. Pusat Pengkajian Pengendalian Hama Terpadu Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Balfas, R. 1994. Pengaruh ekstrak air dan etanol biji mimba terhadap mortalitas dan pertumbuhan ulat pemakan daun handeuleum, Doleschalia polibete. hlm. 203-207. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dalam Rangka Pemanfaatan Pestisida Nabati.
Baliadi, Y., W. Tengkano, dan Marwoto. 2008. Penggerek polong kedelai, Etiella zinckenella Treitschke (Lepidoptera: Pyralidae), dan strategi pengendaliannya di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian 27(4): 113-123.
Baliadi, Y., Bedjo, dan Suharsono. 2012. Ulat bulu tanaman mangga di Probolinggo: Identifikasi, sebaran, tingkat serangan pemicu, dan cara pengendalian. Jurnal Litbang Pertanian 31(2): 77-83.
Biller, A., M. Boppre, L. Witte, and T. Hertman. 1994. Pryrrolizidine alkaloids in Chromolaena odorata. Phyto­chemistry. http//www.ens.cau.au//Chromolaena/o/o mod.html. [26 August 2005].
Burkill, J.H. 1935. A dictionary of economic products of the Malay Peninsulla. Government of the Straits Settlement, Milbank, London S.W. 340 pp.
Campbell, F.L. and W.W. Sullivan.1933. The relative toxicity of nicotine, methyl anabasine and lupinine for culicine mosquito larvae. J. Con. Entomol. 26(3): 910-918.
Dadang dan D. Prijono. 2008. Insektisida Nabati: Prinsip, pemanfaatan dan pengembangan. Institut Pertanian Bogor. 163 hlm.
Department of Natural Resources, Mines and Water. 2006. Siam Weed. Declared no. 1. Natural Resources, Mines and Water, Pesr. Series, Queensland, Australia. pp. 1-4.
FAO. 2006. Alien invasive species: Impacts on forests and forestry - A review. http://www.fao.org//docrep/008/j6854e/j6854e00. htm. [25 October 2007].
Grainge, M. and S. Ahmed. 1987. Handbook of Plants with Pest Control Properties. John Wiley, New York. 470 pp.
Kardinan, A. 1998. Prospek penggunaan pestisida nabati di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian 17(1): 1-8.
Laba, I W., D. Kilin, dan D. Soetopo. 1998. Dampak penggunaan insektisida dalam pengendalian hama. Jurnal Litbang Pertanian 17(3): 99-107.
Manuwoto, S. 1999. Pengendalian hama ramah lingkungan dan ekonomis. Dalam I. Prasadja, M. Arifin, I.M. Trisawa, I W. Laba, E.A. Wikardi, D. Sutopo, Wiranto, dan E. Karmawati (Ed). hlm. 1-12. Prosiding Seminar Nasional Peranan Entomologi dan Pengendalian Hama yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis. Perhimpunan Entomologi Indonesia Cabang Bogor.
Marwoto dan Suharsono. 2008. Strategi dan komponen teknologi pengendalian ulat grayak (Spodoptera litura Fabricius) pada tanaman kedelai. Jurnal Litbang Pertanian 27(4): 131-136.
Mudjiono, A., Suyanto, dan W. Prihayana. 1994. Kemampuan insektisida nabati, mikroba dan kimia sintetis terhadap ulat Plutella xylostella. hlm. 86-90. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dalam Rangka Pemanfaatan Pestisida Nabati.
Prakash, A. and J. Rao. 1997. Botanical Pesticides in Agriculture. Lewis Publ., Boca Raton.
Prawiradiputra, B.R. 1985. Bahan komposisi vegetasi padang rumput alam akibat pengendalian kirinyu (Chromolaena odorata


Text Box: Potensi tumbuhan kirinyu Chromolaena odorata (L) (Asteraceae: Asterales) .... (M. Thamrin et al.) 121(L.) R.M. King and H. Robinson di Jonggol, Jawa Barat. Tesis, Fakultas Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. 79 hlm.
Prawiradiputra, B.R. 2007. Kirinyu (Chromolaena odorata (L.) R.M. King dan H. Robinson: Gulma padang rumput yang merugikan. Bulletin Ilmu Peternakan Indonesia (WARTAZOA), 17(1): 46-52.
Samharinto, S. dan M.I. Pramudi. 2009. Eksplorasi dan efikasi tumbuhan rawa yang berpotensi sebagai insektisida nabati terhadap ulat grayak (Spodoptera litura F.). Agroscientiae: 2 (16): 124-132.
Sastrodihardjo, S., I. Ahmad, T. Koesumaningtyas, dan S. Manaf. 1992. Penggunaan Produk alam dalam pengendalian hama terpadu. PAU Ilmu Hayati ITB, Bandung.
Sipayung, A., R.D. de Chenon, and P.S. Sudharto. 1991. Observations on Chromolaena odorata (L.) R.M. King and H. Robinson in Indonesia. Second International Workshop on the Biological Control and Management of Chromolaena odorata. Biotrop, Bogor. http://www.ehs.cdu.edu.au/chromolaena/2/ 2sipay. [13 January 2006].
Soejitno, J. 2002. Pesticide residues on food crops and vegetables in Indonesia. Indones. Agric. Res. Dev. J. 21(4): 124-132.
Surtikanti. 2004. Kumbang bubuk Sitophilus zeamais Motsch (Coleoptera: Curculionidae) dan strategi pengendaliannya. Jurnal Litbang Pertanian 23(4): 123-129.
Takahashi, N. 1981. Application of biologically natural products in agricultural fields. pp. 110–132. In M. Wirahadikusumah and A.S Noer (Eds.). Proc. Regional Seminar on Recent Trend in Chemistry of Natural Product Research. Penerbit ITB, Bandung.
Thamrin, M. 2009. Pemanfaatan insektisida nabati asal tumbuhan rawa untuk pengendalian ulat grayak dan plutela pada pertanaman kedelai dan sayuran di lahan rawa pasang surut


yang berwawasan lingkungan. Kerja Sama Kementerian Riset dan Teknologi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 14 hlm.
Thamrin, M., M. Willis, dan S. Asikin. 1999. Parasitoid dan predator penggerek batang padi di lahan rawa pasang surut Kalimantan Selatan. Dalam Prasadja, I., M. Arifin, I.M. Trisawa, IW. Laba, E.A. Wikardi, D. Sutopo, Wiranto, dan E. Karmawati (Ed). hlm. 175-181. Prosiding Seminar Nasional Peranan Entomologi dan Pengendalian Hama yang Ramah Lingkungan dan Ekonomis. Perhimpunan Entomologi Indonesia Cabang Bogor.
Thamrin, M. dan S. Asikin. 2009. Ekstrak tumbuhan yang berpotensi mengendalikan ulat kubis Plutella xylostella. hlm. 230-233. Prosiding Seminar Nasional Perlindungan Tanaman. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Thamrin, M., S. Asikin, Mukhlis, dan A. Budiman. 2007. Potensi ekstrak flora lahan rawa sebagai pestisida nabati. hlm. 23-31. A. Supriyo, A., M. Noor, I. Ar-Riza, dan D. Nazemi (Ed). Monograf: Keanekaragaman Flora dan Buah-buahan Eksotik Lahan Rawa. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Bogor.
Wardhana, A. Gt. 1997. Penetapan LC 50 Ekstrak pucuk daun kepayang (Pangium edule Rein W.) terhadap ulat pemakan daun kubis (Plutella xylostella Linn.). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.
Willis, M., M. Thamrin, dan S. Asikin. 2003. Evaluasi status hama utama tanaman palawija di lahan rawa pasang surut. Laporan Hasil Penelitian, Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa, Banjarbaru.

Yadav, A.S. and R.S. Tripathi. 1981. Population dynamic of the ruderal weed Eupatorium odoratum and its natural regulation. Oikos No. 36. Copenhagen.

Tidak ada komentar: