Slide show

I want I can. Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.

SERANGGA BAPAL PUCUNG DAN MUSUH ALAMINYA

KUMBANG BAPAL PUCUNG (Dysdercus singulatus)

kumbang Bapak pucung (Dysdercus singulatus)

Kingdom: Animalia Linnaeus, 1758  animals (hewan/binatang/satwa/fauna) 
Phylum: Arthropoda Latreille, 1829  arthropods (artropoda-hewan beruas/hewan berbuku-buku)
Class: Insecta Linnaeus, 1758  insects (serangga-artropoda berkaki 6) 
Order: Hemiptera Linnaeus, 1758 – bugs (kepik) 
Suborder: Heteroptera  true bugs (kepik sejati) 
Infraorder: Pentatomomorpha Leston, Pendergrast & Southwood, 1954 
Superfamily: Pyrrhocoroidea Amyot & Serville, 1843 
Family: Pyrrhocoridae Amyot & Serville, 1843  red bugs (kepik merah), stainer 
Genus: Dysdercus Guérin-Méneville, 1831 
Species: Dysdercus cingulatus (Fabricius, 1775)
            Bapak pucung (Dysdercus cingulatus) atau Red Cotton Bug  merupakan hama, baik serangga muda maupun dewasa, yang menyerang tanaman dari keluarga Malvaceae (kapas, rosela, dan okra) serta keluarga Bombacaceae (kapuk randu). Badan bapak pucung berwarna merah dengan panjang 11 - 17 mm dan lebar 4,5 mm. Di belakang kepala dan perut ada garis putih dan hitam. Pada sayapnya yang barwarna cokelat terdapat sepasang bercak hitam. Nimfanya berwarna merah cerah dan hidup berkelompok.
            Telur bapak pucung biasanya diletakan dibawah tanaman inang atau di tempat yang terlindung pada lubang kecil. Lubang tersebut kemudian ditutup dengan butiran tanah atau serasah. Jumlah telur sekitar 100 yang dibagi dalam 8 kelompok. Untuk perkembangannya, telur perlu kelembaban yang tinggi. Jika keadaan kering, telur akan mati. Telur menetas dalam 5 hari pada suhu 27 derajat Celcius, atau 8 hari pada suhu 23 derajat Celcius.
            Nimfa akan mengalami beberapa kali proses pergantian kulit atau ekdisis. Tiap tahapan diantara pergantian kulit itu disebut instar. Nimfa bapak pucung mengalami 5 kali instar. Warna nimfa yang telah dewasa penuh adalah merah dengan bercak hitam pada sayapnya. Panjang nimfa 10-15 mm. Lamanya periode nimfa adalah 21 hari pada suhu 27 derajat celcius, atau 35 hari pada suhu 23 derajat celcius. Masa perkawinan bapak pucung 2-6 hari dan mulai bertelur 3-8 hari kemudian.
Deskripsi serangga predator secara umum, predator/pemangsa didefinisikan sebagai makhluk hidup yang memakan makhluk hidup lainnya. Pemangsaan merupakan suatu cara hidup yang sumber makanannya diperoleh dengan menangkap, membunuh, dan memakan hewan lain. Contoh serangga predator adalah kumbang ladybird, lalat perompak, dan larva syrphidae.(adimaryanto, 2011). Deskripsi Serangga Parasit Pengertian parasit adalah binatang pada umumnya serangga yang hidupnya di dalam atau menumpang pada binatang atau serangga lain dan menjadikan binatang yang ditumpanginya sebagai sumber kehidupannya. (Manrampasi, 2007).
Golongan Serangga Predator Pemangsa dari kelompok arthropoda terdiri atas sejumlah besar jenis serangga, ditambah dengan laba-laba dan tungau pemangsa. Di dunia ini diperkirakan ada sekitar 200.000 jenis pemangsa arthropoda, termasuk berbagai jenis laba-laba dan tungau pemangsa. Beberapa bangsa serangga yang penting sebagai pemangsa dalam pengendalian alami dan hayati, antara lain adalah Coleoptera, Hemiptera, Neuroptera, dan Diptera.Kelompok pemangsa penting yang bukan serangga adalah laba-laba dan tungaupemangsa. Contoh dari golongan serangga predator yaitu Ordo Orthoptera (bangsa belalang), Ordo Hemiptera (bangsa kepik) / kepinding, Ordo Coleoptera (bangsa kumbang), Ordo Diptera (bangsa lalat, nyamuk), Ordo Lepidoptera (bangsa kupu/ngengat), Ordo Odonata (bangsa capung/kinjeng). Golongan serangga parasit ada tiga bentuk partenogenesis yang dijumpai pada parasitoid, yaitu thelyotoky (semua keturunannya betina diploid tanpa induk jantan), deuterotoky(keturunannya sebagian besar betina diploid yang tidak mempunyai induk jantan dan jarang ditemukan jantan haploid), dan arrhenotoky (keturunan jantan haploid tidak mempunyai induk jantan, dan keturunan betinanya berasal dari induk betina dan jantan (diploid). Sebagian besar parasitoid ditemukan di dalam dua kelompok utama bangsa serangga, yaitu Hymenoptera (lebah, tawon, semut, dan lalat gergaji) danbangsa Diptera (lalat beserta kerabatnya) (Basukriadi, 2011).
Lalat parasit Tachinid merupakan salah satu musuh alami bapak pucung yang menyerang nimfa dari instar kelima dan bapak pucung dewasa. Lalat ini meletakan telurnya pada badan nimfa atau bapak pucung dewasa. Selain lalat parasit Tachinid, predator dari Reduviidae (genus Phonoctonus) juga merupakan musuh alami bapak pucung. Bentuk dan rupanya hampir meyerupai bapak pucung, hanya saja badannya lebih pendek. Predator ini banyak terdapat di Afrika.




Tidak ada komentar: